Dispersip Kalsel gelar webinar hadirkan Najwa Shihab

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan siap menggelar Website Seminar (Webinar) literasi menghadirkan Duta Baca Indonesia yakni Najwa Shihab yang diagendakan, Jumat (24/7/2020).

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Nurliani dalam siaran pers, Rabu mengatakan, seminar sehari itu akan dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet yang bisa diikuti berbagai kalangan. “Seminar dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet dan ini merupakan webinar pertama yang diselenggarakan Dispersip Kalsel,” ujar Bunda Nunung sapaan akrab pejabat perempuan di Pemprov Kalsel itu. 

Tak hanya menghadirkan Najwa Shihab, Dispersip Kalsel dalam surat permohonan dikirim ke Perpustakaan Nasional RI, juga meminta Kepala Perpustakaan Nasional M Syarif Bando menjadi keynote speaker.

Bunda Nunung sendiri juga menjadi Keynote Speaker dalam webinar yang disiapkan kuota 500 orang dan siaran yang ditayangkan di laman Youtube Dispersip Provinsi Kalsel sehingga berbagai pihak bisa mengikutinya. Disisi lain, Bunda Nunung sangat berterima kasih kepada Perpusnas RI karena memenuhi permintaan Kalsel mendatangkan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab pada Maret 2017 dan Desember 2019.

Kemudian, sejak 2017 hingga 2019 Perpusnas memberikan hibah enam unit mobil perpustakaan keliling beserta isinya masing-masing dua unit untuk Dispersip Kalsel, Balangan, Tanah Bumbu, HSS, HSU dan Banjar. Selanjutnya, tahun 2019 hingga 2020 Perpusnas memberikan DAK fisik dan non fisik bidang perpustakaan senilai puluhan miliar untuk Kalsel hingga dibangun sejumlah fasilitas gedung perpustakaan di provinsi setempat. 

Perpustakaan yang dibangun adalah gedung perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu pada 2019 dan Tapin tahun 2020 masing-masing senilai Rp10 miliar, pembangunan gedung difabel Kalsel dan bantuan lainnya. “Kami sangat berterima kasih kepada Perpusnas RI karena bantuan yang diberikan selama ini, termasuk kepada Komisi IV DPRD Kalsel selaku mitra kerja dan seluruh masyarakat yang mendukung kegiatan,” katanya. 

kalsel.antaranews.com