Dispersip Kalsel Gelar Talkshow Virtual Untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menggelar Talkshow Virtual yang ke-19 kalinya dengan tema” Pemuda dan Literasi”, yang bertempat di Perpustakaan Palnam Jalan A. Yani Km 6, Senin (26/10/2020).

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan,
kegiatan Talkshow Virtual ini dilaksanakan dalam rangka menyambut atau memperingati hari Sumpah Pemuda ke-92 di tahun 2020, dan tujuannya untuk meningkatkan literasi di Kalimantan Selatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. “Alhamdulillah kita ucapkan terimakasih banyak kepada tiga narasumber yang menjadi pembicara dalam talk show virtual ini yaitu Dandim 101/Antasari, Brigjend Firmansyah, Rektor UIN Antasari Prof Dr Mujiburrahman dan wakil ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin yang telah meluangkan waktunya untuk menyampaikan materinya di kegiatan ini dan diketahui peserta Talkshow Virtual kali ini telah terdaftar sebanyak 461 peserta yang mengikuti,”ujar Bunda Nunung panggilan akrabnya Kadispersip Kalsel ini.

Literasi persatuan sangat dibutuhkan di tengah-tengah Indonesia apalagi menghadapi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Dengan melaksanakan Talkshow Virtual yang ke 19 kalinya dengan Tema “ Pemuda dan Literasi ”, diharapkan dapat menumbuhkan Literasi persatuan sebagai kunci keselamatan bangsa menjadi poin penting disamping semangat pantang menyerah, sikap rela berkorban untuk satu kesatuan bangsa.

Meski dari berbagai latar belakang suku bangsa, agama, etnis, bahasa tentu kita harus menjaga keutuhan bangsa. “Intinya adalah tanpa Literasi persatuan tidak mungkin kita bisa berjuang bersama-sama. Tidak mungkin kita bisa bangkit bersama-sama karena modal yang paling utama adalah Literasi persatuan,”tambahnya.

Sekarang ini sangat terasa bahwa Literasi persatuan sangat dibutuhkan di tengah-tengah Indonesia apalagi menghadapi pandemi covid-19. Negara kita dan berbagai negara di dunia mengalami hal yang sama. Dampak dari pandemi ini bukan hanya terhadap kesehatan tapi berpengaruh pada kehidupan ekonomi, sosial dan berbagai sendi kehidupan lainnya.

Dengan Literasi kita harus bersatu menghadapinya, Kita semua harus berusaha mendorong supaya pandemi ini cepat berakhir. “Jadi kita berharap melalui kegiatan Talk Show Virtual ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Brigjend TNI Firmansyah Danrem 101/Antasari selaku narasumber kegiatan ini menyampaikan, kita sangat apresiasi sekali kegiatan ini, tentunya ini bisa memberikan semangat juga kepada para kaum pemuda khususnya dan yang mengikuti kegiatan ini serta lainnya untuk meningkatkan literasi yang didapatnya. “Tentunya, ini perlu perdampingan juga dari para seniornya dan orang yang berkompeten sehingga ilmu pengetahuan dan informasi didapatkan bisa dapat tersharing dengan baik dan tidak mudah menyebarkan konten-konten yang tidak bertanggung jawab nantinya,”pungkasnya.

tajam.news