Dispersip Kalsel Gelar Talkshow Virtual, Bertani Asyik Generasi Milenial

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), telah menggelar Talkshow Virtual atau Seminar Online yang menghadirkan pelaku usaha hidroponik daerah dan nasional, dengan mengangkat materi tentang teknik dasar hidroponik serta peluang usahanya, yang diusung dengan tema “Bertani Asyik Generasi Milenial”. “Alhamdulillah kegiatannya ini diadakan pada tanggal (24/09/2020) dan berjalan lancar dan sukses,”ujar Kepala Dispersip Kalsel, Dra. H. Nurliani, M.AP.

Ia mengatakan, kegiatan ini tentunya, salah satu bentuk keterlibatan Perpustakaan Palnam untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan membantu kesejahteraan masyarakat sekaligus mengedukasi tentang pentingnya mengisi waktu luang dengan hal-hal yang produktif dan kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Perpustakaan harus mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi

“Jadi Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat orang datang untuk meminjam buku dan membaca, akan tetapi sudah saatnya bertransformasi, agar memiliki nilai dan kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat melalui pendekatan inklusi. Diharapkan Perpustakaan harus mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan harus dikembangkan agar terpenuhi kebutuhan sehari-hari, semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kita semua terutama kepada para peserta yang berhadir,” harap Bunda Nunung panggilan akrab Kepala Dispersip Kalsel ini.

Dalam kesempatan ini juga, Perwakilan Narasumber yang mengisi kegiatan ini, dr. Toto Tri Hartanto, pemilik dr. Farm Hidroponik Pelaihari mengungkapkan, sebenarnya peluang usaha hidroponik sangat terbuka lebar, apalagi budidaya ini tidak menggunakan tanah, melainkan hanya memanfaatkan air, dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Untuk target pemasaran awal disasar seperti, supermarket, pasar modern dan hotel yang bisa menumbuhkan usaha hidroponik ini, dan alhamdulillah produk bertani ini sudah tembus dipasar modern. “Kita berharap, melalui kegiatan seminar daring ini bisa memacu semangat para generasi milenial guna menekuni profesinya sebagai pelaku usaha, terutama untuk pelaku usaha bertani agar usahanya terus berkembang kedepannya,”harapnya.

tajam.news