Dispersip Kalsel Gelar Seminar Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca

Berbagai kegiatan dilakukan Dispersip Kalsel dalam rangka semakin mendekatkan perpustakaan dengan publik dan membudayakan minat baca. Di antaranya melalui seminar yang mengusung tema ‘Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca’ yang digelar di Kids Library Perpustakaan Pal 6, Banjarmasin, pada Rabu (4/11/2020).

Seminar yang hanya dibatasi 80 peserta karena mempertimbangkan protokol kesehatan Covid-19 ini, menghadirkan sejumlah pembiara di antaranya Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan DR M Ramadhan dan Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Wildan Akhyar.

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan kegiatan seminar ini dilaksanakan, bertujuan untuk memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca masyarakat di Banua. “Jadi Seminar ini diadakan sebagai bentuk representatif dari UU No 43 tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa juga,” ujarnya.

Bunda Nunung–panggilan akrab Kadispersip Kalsel ini mengatakan, harapan dari berlangsungnya semniar ini adalah untuk semakin mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Kalsel yang agamis, sehat, cerdas dan terampil. “Harapannya kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan Masyarakat dan wawasannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Seminar yang dihadiri 80 peserta ini juga turut dihadiri oleh Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kalsel yaitu DR. Ahmad Syauqi dan Ketua IPI Kota Banjarmasin, Moch Isra Hajiri serta Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Rachmi Nafissa.

Kanalkalimantan.com