Dispersip Kalsel Gelar Rapat Kordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2019 Provinsi Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, menggelar Rapat Kordinasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2019 Provinsi Kalsel di Hotel Roditha Banjarbaru.

Hadir Kepala Pusat Akreditasi Arsip Nasional RI, Rudi Anton SH MH dan Arsiparis Madya Ardip Nasional RI Endang Kristianin SH MH.

Dikatakan Rudi, arsip mempunyai peran penting dalam proses pembangunan suatu daerah, karena arsip merupakan bukti penting juga sebagai bukti hukum dalam pengawasan pembangunan dilaksanakan pemerintah.

Keberadaan arsip bisa menjadi sember data untuk penelitian yang dilakukan para akademisi.

Banyak lembaga yang belum menyusun empat pilar pengelolaan arsip dinamis, yakni tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, serta sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip,” ujar Rudi.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, menyatakan, terabaikannya pengelolaan arsip yang sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan masih menjadi momok permasalahan kearsipan.

“Guna mewujudkan budaya tertib arsip dan penyelenggaraan kearsipan nasional berjalan optimal dibutuhkan pengawasan kearsipan untuk mengawal dan mengawasi penyelenggaraan kearsipan,” tandasnya.

Sumber: Banjarmasin Post