Dispersip Kalsel Gelar Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2021

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Dispersip Kalimantan Selatan, Kamis (20/5).

Lomba tersebut dibuka oleh Sekretaris Dispersip Kalimantan Selatan, Muhammad Ramadhan mewakili Nurliani selaku Kepala Dispersip Kalimantan Selatan yang sedang mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

Dalam sambutan Kepala Dispersip Kalimantan Selatan yang dibacakan Sekretarisnya, disampaikan bahwa keberhasilan pengelolaan perpustakaan salah satu indikatornya ditentukan oleh tersedianya pustakawan yang berdedikasi tinggi, bekerja secara professional dan memiliki kompetensi serta memberikan layanan prima terhadap pemustaka.

“Hal ini sejalan dengan ekspektasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi saat ini, maka peran pustakawan pada perpustakaan sebagai wadah penyampaian informasi perlu menggunakan berbagai kemasan informasi dengan aneka penyajian terbaik,” jelasnya.

Ramadhan menambahkan Pustakawan adalah tenaga profesional yang merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran dimanapun berada, baik diperpustakaan sekolah, perguruan tinggi, perpustakaan umum (Provinsi/kab/Kota) dan diberbagai jenis perpustakaan lainnya.

“Perpustakaan merupakan simbol peradaban sebuah kota sekaligus sebagai tempat pembelajaran, berkegiatan dan wisata literasi. Oleh karenanya, perlu dikelola dengan pustkawan yang terampil dan kompetensi,” jelasnya.

Untuk diketahui, lomba tersebut diikuti sebanyak 14 orang Pustakawan se Kalimantan Selatan yang terdiri dari satu orang perwakilan Dispersip Kalsel, sembilan orang perwakilan Dispersip Kabupaten/Kota (HSU, Tabalong, Banjarmasin, Tanah Laut, Balangan, Tapin dan Banjar) dan tiga orang dari Perguruan Tinggi dan satu orang dari MAN.

Sedangkan penilaian lomba dilaksanakan oleh Dewan Juri yang diketuai oleh Ahmad Syawqi (UIN Antasari), Laila Rahmawati (UIN Antasari) dan Wayan Ratmi (Pustakawan Madya Dispersip HSU) dengan kriteria penilaian lomba Pustakawan Berprestasi yaitu pengalaman Kognitif sebesar 10 persen, Portofolio 20 persen, Presentasi 35 persen dan Wawancara 35 persen.

Diharapkan pemenang lomba dapat mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk ajang Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional pada bulan September 2021 mendatang sebagaimana prestasi juara yang pernah ditorehkan oleh Pustakawan UIN Antasari Sawqi pada tiga tahun lalu.

Sumber : abdipersadafm.co.id