Dispersip Kalsel Gelar Bimtek Budidaya Tanaman Hias

Trend tanaman hias kembali mencuat meski di tengah pandemi Covid-19.  Ketika daya beli masyarakat menurun dan iklim perekonomi tidak stabil, tanaman hias justru laris manis di pasaran, khususnya di Kalimantan Selatan. Sejumlah pedagang tanaman hias mengaku, permintaan masyarakat akan tanaman hias belakangan ini naik mencapai 70 persen dibanding sebelum pandemi. Kondisi tersebut, rupanya ditangkap pihak Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan (Dispersip) Kalsel dengan membuka kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. Yakni program bimbingan teknis (bimtek) terkait pembudidayaan tanaman hias ini.

Menurut Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani Dardie, kondisi terkini masyarakat Kalsel, baik perempuan maupun laki-laki, sedang dilanda trend berkebun, khususnya tanaman hias. “Karena itu, Dispersip Kalsel berinisiatif mengumpulkan para pencinta tanaman hias untuk bergabung secara virtual mengadakan bimtek ini secara online,” ujarnya.

Bimtek online ini dilaksanakan pada 19 Agustus mendatang dengan mengangkat tema: “Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan”.

Terkait kegiatan yang agak melenceng dari ‘dunia pustaka’ ini, Bunda Nunung, sapaan akrabnya,  mengatakan, perpustakaan juga bisa berbasis inklusi sosial. “Dengan diadakannya bimtek online ini, semoga masyarakat yang terdampak perekonomiannya bisa mengeluti usaha alternatif, seperti budidaya tanaman hias,” imbuhnya.

Bimtek ini, menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya. Seperti Dosen Prodi Psikologi FK ULM, Neka Erlyani S.Psi M.Psi, dan praktisi di bidang pertanian yang juga penelaah difusi dan alih teknologi pertanian, Nove Arisandi S.P, M.P. “Dari akun media social, kedua narasumber ini sering memperlihatkan aktivitasnya memelihara tanaman hias di saat pendemi dan new normal seperti saat ini,” jelas Bunda Nunung.

Dalam bimtek ini,  dispersip selaku penyelenggara juga menggaet Ketua Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Kalsel, Dr Hilda Susanti S.p, M.Si sebagai moderator.

banuapost.co.id