Dispersip Kalsel Gandeng Faisal Oddang dalam Kelas Menulis Cerpen

Antusiasme masyarakat Kalimantan Selatan untuk mengikuti obrolan terkait literasi nampaknya terus meningkat. Salah satunya yang terlihat dalam talkshow virtual yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, beberapa waktu terakhir.

Menghadirkan narasumber yang sudah memiliki nama besar, rupanya berhasil menyedot minat para peserta yang mencapai ribuan orang. Sebut saja Najwa Shihab dan Ria Enes & Boneka Susan yang digelar beberapa waktu lalu. Meski hanya secara virtual, nyatanya peserta yang ikut dari berbagai kalangan dan daerah lainnya, dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan serupa pun digelar kembali dengan narasumber Faisal Oddang, Senin (03/08) lalu, melalui layanan virtual.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, Nurliani Dardie, mengungkapkan bahwa gelaran webinar dengan novelis asal Sulawesi Selatan itu digelar karena besarnya antusiasme masyarakat.

Mengusung tema “Kelas Menulis Cerita”, 412 peserta dengan serius mendengarkan penjelasan penulis novel “Mantra Malam” itu meskipun melalui layar virtual. “Pandemi tak lantas membuyarkan rencana dan target kami, saya rasa hanya cara dan strateginya saja yang harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi,” jelas wanita yang akrab disapa Bunda Nunung.

Talkshow virtual itu tak hanya ditujukan bagi pustakawan dan pemustaka yang ada, namun juga siapa saja yang berminat dalam dunia penulisan. Terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita yang seringkali terkendala ide dan masalah lainnya yang dihadapi oleh para pemula.

www.sonora.id