Dispersip Kalsel Bangun Perpustakaan Khusus Disabilitas

Demi memudahkan pendidikan literasi bagi kaum difabel, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) kini membangun perpustakaan khusus untuk disabilitas.

Hal ini diutarakan Wildan Akhyar, Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Kalsel. “Dibangunnya gedung perpustakaan disabilitas ini merupakan salah satu dukungan kami kepada misi Gubernur Kalsel. Yakni mengambangkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, agamis, dan terampil, sesuai dengan indikator utama terkait indeks pembangunan manusia,” katanya, Senin (31/5/2021).

Gedung yang dirancang 2 lantai ini disokong dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), yang berasal dari Pemerintah Republik Indonesia di tahun 2021 sebesae Rp3.499.933.000 atau hampir Rp3,5 miliar.

Gedung yang digadang-gadang rampung pada akhir tahun 2021 ini merupakan penambah layanan dari Dispersip Kalsel untuk kaum disabilitas.  “Gedung ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan Dispersip Kalsel teruntuk kaum disabilitas,”  ucap Wildan.

Gedung khusus yang terletak di lingkungan Kantor Dispersip Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 6,4 itu rencananya akan dilengkapi fasilitas membaca untuk tuna netra dan tuna rungu, serta infrastruktur pendukung lainnya.

Selain adanya fasilitas khusus untuk kaum disabilitas, gedung ini nantinya juga dilengkapi dengan studio mini untuk meningkatkan promosi minat baca generani muda, khususnya di Kalimantan Selatan.

maknanews.com