Dispersip Kalsel Bakal Punya Perpustakaan Disabilitas

Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dapat melayani pemustaka penyandang disabilitas dan lansia di tahun 2021.

Pembangunan gedung perpustakaan untuk penyandang disabiltas dan lansia, guna menambah fasilitas layanan dan meningkatkan minat baca di berbagai kalangan.

“Di tahun 2021 kita mendapatkan Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat untuk membangun gedung. Alokasi anggarannya sebesar Rp3.499.933.000,00,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani.

Gedung nantinya memiliki dua lantai dibangun di lingkungan Kantor Dispersip Kalsel di Jalan Ahmad Yani KM 6,4 Banjarmasin, yang diharapkan selesai pada akhir tahun.

“Gedung tersebut menjadi pelengkap di Perpustakaan Kalsel, yang selama ini layanan itu belum dapat maksimal,” tambah Wildan.

Rencananya, gedung khusus itu dilengkapi fasilitas membaca untuk tuna netra dan tuna rungu, serta infrastruktur pendukung kebutuhan penyandang disabilitas lainnya.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan studio mini, yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi Kalsel, untuk promosi minat baca generasi muda dan anak-anak, yang bakal serasa di bioskop.

rri.co.id