Dispersip Kalsel Bakal Miliki Ruang Khusus Arsip Audio Visual

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan berencana akan membangun ruang khusus arsip audio visual.

Ruang khusus arsip audio visual ini akan berada di salah satu sudut di depo arsp yang berlokasi di Banjarbaru.

Dispersip sendiri sedang menggeber pembenahan bangunan arsip, mulai dari lobby dasar, lantai dua, Musholla hingga toilet. “Pertama dari lobby kantor depo arsip sudah mulai kami benah, terus dilanjutkan dengan lantai dua yang di atas di mana di bagian dinding aggak sedikit dipoles, penutup tirai untuk jendela dan setiap ruang sudah mulai ada diletakkan AC agar arsip-arsip yang ada terus terjaga dan para pekerja pun tidak merasa gerah saat bekerja” ucap Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie, Rabu (1/7/2020).

Dia mengatakan menyediakan ruangan khusus bagi arsip audio visual guna merawat sekaligus memudahkan masyarakat mengakses koleksi arsip audio visual yang dimiliki Dispersip Kalsel. “Seperti yang kalian lihat nampak arsip-arsip gambar yang terletak disisi tangga dan bahu lantai sehingga membuat semua tidak enak untuk dipandang dan seakan-akan memakan bahu jalan” ucap Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Dia mengatakan anggaran memang sudah disiapkan sejak awal, akan tetapi karena Pandemi Covid-19 pekerjaan sedikit terganggu. “Semoga saja wabah ini akan segera berakhir agar kami bisa terus berbenah untuk depo arsip Banjarbaru dan membuatkan ruang khusus arsip gambar, suara, dan lainnya,” tandas Bunda Nunung.

jejakrekam.com