Dispersip Kalsel akan Beri Bimbingan dan Praktik Penyelamatan Arsip Terdampak Bencana

Seusai menggelar webinar Sosialisasi Penyelamatan Arsip pada Rabu 17 Maret 2021, Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan akan segera menggelar dan memberikan bimbingan langsung.

Diungkapkan Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari permohonan Dispersip Kalsel kepada Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beberapa waktu lalu.

“Rencananya kegiatan tersebut akan direalisasikan, Senin 5 April 2021 di Fave Hotel Banjarbaru,” ujar Hj Nurliani, Rabu (31/3/2021).

Selain itu, Nurliani menyebut, pihak Dispersip Kalsel juga akan membuka Posko Preservasi Arsip, dari 6 hingga 7 April 2021.

Dalam kegiatan tersebut, peserta bisa membawa arsip yang terdampak bencana sebanyak satu boks sebagai bahan praktik masing-masing.

Lanjut Nurliani, kegiatan ini dilaksanakan dilatar belakangi keprihatinan atas musibah banjir yang terjadi di beberapa kabupaten kota di Kalimantan Selatan yang berdampak pada kerusakan arsip.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, ANRI memberikan dukungan dengan mengutus empat pejabat ataupun pegawai Direktorat Preservasi, diantaranya Arsiparis Madya, Madris, S Sos, Arsiparis Penyelia Kadir, Arsiparis Muda Ramadhona Aswin, S Kom dan Arsiparis Terampil Aris Susanto, AMd.

Sebagai lembaga kearsipan daerah yang bertanggung jawab dan berkewajiban dalam pengeloalaan arsip, yang salah satunya membantu pihak terkait hingga arsiparis merestorasi arsip yang terdampak bencana.

Untuk kegiatan tersebut, Dispersip Kalsel mengundang seluruh SKPD lingkup Permerintah Provinsi Kalsel serta Dispersip Kabupaten Kota.

banjarmasin.tribunnews.com