Dispersip Kalsel akan Bedah Buku Jalan Tengah; Renungan Budaya dan Politik di Era Ekstrem karya Prof Dr Mujiburrahman

Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Provinsi (Dispersip) Kalsel selama ini cukup sering mendatangkan penulis buku berlabel nasional. Perpustakaan Palnam Dispersip Kalsel juga mulai intens menggelar bedah buku-buku karya urang Banua yang menasional bahkan mendunia sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Penulis Buku Banua yang dikenal secara Nasional dan Internasional sehingga perpustakaan di era pandemi ini tetap mengeksplore kesuksesan dan kebesaran Penulis dari Banua yang menembus internasional.

Buku “Jalan Tengah; Renungan Budaya dan Politik di Era Ekstrem” karya Prof Dr Mujiburrahman Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin menjadi salah satu buku yang akan dibedah.

Buku yang diterbitkan pada 2019 lalu ini akan dikupas tuntas melalui penyelenggaraan acara bedah buku oleh Perpustakaan Palnam pada tanggal 8 September 2020 pukul 10.00 Wita. “Dispersip akan selalu mengadakan bedah buku penulis- penulis nasional. Salah satunya adalah buku tulisan Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA yang merupakan Rektor UIN Antasari Banjarmasin,” ucap Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, Senin (24/8/2020).

Ia menerangkan, sangat aneh kalau Dispersip Kalsel belum pernah mengadakan bedah buku penulis banua seperti karya Prof Mujiburrahman. Padahal buku tersebut telah menasional bahkan mendunia. “Beliau nantinya akan memaparkan secara gamblang buku karyanya, selain itu, buku tersebut juga akan dikupas oleh narasumber yang mendampingi beliau yaitu Setia Budhi, PhD Ketua Program Studi Sosiologi Fisip ULM Banjarmasin,” jelas Bunda Nunung sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel.

Bunda Nunung mengungkapkan, sebenarnya sudah lama berniat mengadakan acara bedah buku Prof Mujiburrahman, termasuk buku karya para dosen dan Rektor di Banua, cuma baru saja bisa terhubung. “Semoga nanti kedepannya bisa mengundang bedah buku karya Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Prof Dr Sutarto Hadi dan Ketua Perguruan tinggi lainnya,” harap Kepala Dispersip Kalsel.

Menurut Bunda Nunung, begitu antusiasnya tanggapan Rektor UIN Antasari Prof Mujiburrahman, membuat Dipersip Kalsel berusaha menyusun jadwal bedah buku di tengah padatnya acara yang sudah terjadwal. “Kami sudah membuat jadwal kegiatan mulai tanggal 27 Agustus 1, 7, 9 dan 19 September. Akhirnya dijadwalkan di tanggal 8 September 2020 bedah buku Jalan Tengah karya Prof.Dr. H. Mujiburrahman, MA,” pungkasnya.

banaranmedia.com