Dispersip Kalsel Adakan Talkshow Virtual SDG Tanaman Lokal Mendukung Kalsel Bergerak

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kembali mengadakan Talkshow Virtual dengan judul “Sumber Daya Genetika (SDG) Tanaman Lokal, mendukung Kalsel bergerak. Yang kali ini menghadirkan narasumber, Guru Besar Faperta ULM Prof. Dr. Ir. Raihani Wahdah M.S., dan Ketua Perhimpunan Hortikultura Komisariat Daerah Kalsel, Dr. Hilda Susanti, S.P., M.SI., dan moderator dari Praktisi Pertanian, Nove Arisandi, S. P. M.P

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 September 2020 dan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah.

Acara ini untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Sumber Daya Genetika lokal

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie, mengatakan acara ini untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Sumber Daya Genetika lokal untuk kesejahteraan, perpustakaan tidak hanya sebagai tempat orang datang untuk membaca dan meminjam buku, namun sudah saatnya bertranspormasi agar memiliki nilai dan kemanfaatan yang lebih tinggi bagi masyarakat melalui pendekatan inklusi serta perpustakaan harus mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. “Kita sangat berterimakasih atas kesediaan Narasumber dan Moderator yang sudah berkenan memenuhi undangan kami untuk berbagi Ilmu pengetahuan seputar Sumber Daya Genetik ( SDG) Tanaman Lokal. Harapan kami agar Kegiatan Talk Show Virtual ini dapat bermanfaat untuk kita semua,”harapnya.

Sementara itu, Guru Besar Faperta ULM Prof. Dr. Ir. Raihani Wahdah M.S mengungkapkan juga, Sumber Daya Genetik (SDG) tanaman lokal ini merupakan plasma nutfah yang harus dijaga kelestariannya dan kesuburannya. Karena dengan memanfaatkan kegunaannya bisa timbulkan dampak yang cukup besar terhadap kesejehteraan warga Banua. “Jadi rawatlah dan peliharalah , SDG tanaman lokal kita, agar nanti bisa menjadi aset yang berharga dan terus berkembang,”ungkapnya.

Adapun untuk mewujudkannya dibutuhkan juga kerjasama berbagai pihak baik dari bidangnya yang mengetahui pemanfaatannya dan kegunaannya agar bisa menumbuhkan kesejahteraan masyarakat baik dari penggiatnya maupun pengelolanya.

tajam.news