Dispersip Kalsel Adakan Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel mengadakan Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021, Kamis (20/5/2021) di Aula Dispersip Kalsel.

Dalam sambutannya, Kepala Dispersip Kalsel Dra. Hj. Nurliani M.AP yang diwakilkan oleh Sekretaris Dispersip Kalsel Dr. M. Ramadhan.,SE.,ME.,Ak.,CA mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 14 orang peserta dari Pustakawan se-Kalsel yang ada di daerah.

Dengan rincian 1 orang dari Dispersip Kalsel, 9 orang Dispersip Kabupaten dan Kota (HSU, Tabalong, Banjarmasin, Tala, Balangan, Tapin dan Banjar) dan 3 orang Perguruan Tinggi dan 1 orang dari MAN.

Ada pun kriteria penilaian Lomba Pustakawan Berprestasi adalah pengalaman Kognitif 10%, Portofolio 20%, Presentasi 35% dan Wawancara 35 %.

“Sedangkan yang memberi penilaian kegiatan ini dewan jurinya diketuai oleh Dr. Ahmad Syauqi, S.Ag.,S.IP.,M.Pd.I dari UIN Antasari, Laila Rahmawati, S.Ag.SS.M.Hum dari UIN Antasari dan Wayan Ratmi, SE dari Pustakawan Madya Dispersip HSU,” ungkapnya.

Diharapkan nantinya pemenang lomba bisa dapat mewakili Provinsi Kalsel untuk ajang Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional pada bulan September 2021 mendatang, sebagaimana prestasi juara yang pernah ditorehkan oleh Pustakawan UIN Antasari Ahmad Syauqi pada tiga tahun lalu.

“Keberhasilan pengelolaan perpustakaan merupakan salah satu indikatornya ditentukan oleh tersedianya pustakawan yang berdedikasi tinggi, bekerja secara professional dan memiliki kompetensi serta memberikan layanan prima terhadap pemustaka. Hal ini sejalan dengan ekspektasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun seiiring dengan perkembangan tekhnologi informasi saat ini,” bebernya.

“Maka dari itu, peran pustakawan pada perpustakaan sebagai wadah penyampaian informasi perlu menggunakan berbagai kemasan informasi dengan aneka penyajian terbaik dan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta untuk mengembangkan potensinya dan kualitasnya kedepannya,” imbuhnya.

Sumber : Borneotrend.com