Dispersip Kalimantan Selatan Kembali Menjadi Rujukan Provinsi Tetangga

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali menjadi rujukan provinsi tetangga, yang kali ini datang dari rombongan Dispersip Kalimantan Timur (Kaltim), dipimpin Sekretaris Dispersip Kaltim, Meidalina AS., S.Sos., M.Si., bersama Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan beserta staf, yang berkunjung ke Perpustakaan Palnam, Jalan Jenderal Achmad Yani Kilometer 06, Banjarmasin, Rabu (16/9/2020).

Kedatangan rombongan ini, untuk belajar reformasi birokrasi yang telah digalakkan Dispersip Kalsel, sekaligus menggali informasi seputar program kerja dan agenda yang telah dilakukan. Semuanya disambut Sekretaris Dispersip Kalsel, Dr. M. Ramadhan, ME., Ak., CA., yang memandu ke berbagai fasilitas ruangan hingga taman baca.

Ia menjelaskan, bahwa program yang telah dijalankan, atas arahan Kepala Dispersip Kalsel, salah satunya adalah perpustakaan keliling, pembenahan fasilitas perpustakaan daerah, gedung arsip, gerakan Kalsel membaca, hingga gelar wicara virtual. “Selama pandemi kami telah menyelenggarakan sedaring 15 kali, dan terus berlanjut. Kegiatan tersebut mendapat antusias dari peserta yang tidak hanya dari Kalsel, namun dari seluruh Indonesia, bahkan warga negara tetangga Malaysia turut serta mengikutinya, terutama saat gelar wicara bersama Najwa Shihab” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani menyatakan, bahwa program kerja yang dijalankan pihaknya tidak selalu mengandalkan pos APBD, namun juga mengupayakan mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Perpusnas RI dan para penerbit.  “Tidak semua program menggunakan APBD, termasuk penulis yang didatangkan Perpus Palnam,” ucap Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel melalui siaran persnya kepada jurnalkalimantan.com.

Sementara itu, Sekretaris Dispersip Kaltim mengaku sangat kagum akan perubahan drastis dari kunjungannya 14 tahun lalu ke Kalsel, dan merasa yakin, bahwa Dispersip Kalsel memang pantas menjadi salah satu Dispersip terbaik di Indonesia.  “Kami menyaksikan langsung, luar biasa, selama ini hanya menyaksikan secara virtual, banyak gebrakan untuk mendukung  gerakan Kalsel Membaca,” tegas Mei sapaan akrab sekretaris Dispersip Kaltim.

Ia menambahkan, bahwa semua hal yang telah dipelajarinya, akan dibawa dan diterapkan di Dispersip Kaltim. “Sangat memuaskan, baik itu pelayanan petugas maupun keadaan dan kenyamanan kantornya. InsyaAllah banyak yang akan kami ikuti dari program dan kegiatan Dispersip Kalsel,” pungkas Mei sambil mengakhiri kunjungannya.

jurnalkalimantan.com