Dispersip Kabupaten Banjar dan 2 Perpustakaan Sekolah Raih Akreditasi A

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menjadi satu-satunya dispersip yang memperoleh akreditasi A, di sela Bimbingan Teknis (Bimtek) pendataan perpustakaan sekolah SMP dan SMA/sederajat se Kalimantan Selatan, Selasa (3/3/2020) di Ballroom Calamus II Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Penyerahan akreditasi A sendiri, diserahkan Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani kepada Kepala Dispersip Kabupaten Banjar Yasna Khairina.

Menjadi satu-satunya Dispersip yang memperoleh akreditasi A, menurut Bunda Nunung -sapaannya, diharap menjadi motivasi bagi Dispersip di 12 kabupaten dan kota lainnya se Kalimantan Selatan untuk dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas perpustakaan. Terutama dari segi sarana dan prasarana, koleksi buku, hingga pengelolaannya.

“Semoga menjadi motivasi bagi Dispersip kabupaten dan kota lainnya untuk bisa meningkatkan sarana dan prasarana, koleksi buku, hingga pengelolaan perpustakaan,” kata Bunda Nunung, Kamis (5/3/2020) petang.

“Yang terpenting harus bergerak maju, demi meningkatkan minat baca. Jangan seperti salah satu daerah di Kalsel yang malah mengalami kemunduran,” kata Bunda Nunung yang tidak bersedia menyebut daerah yang dimaksud.

Selain Dispersip Kabupaten Banjar, dua sekolah juga memperoleh akreditasi A. Yaitu MAN 2 Model Banjarmasin dan Sekolah Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Sebelumnya, tim penilai telah menyeleksi 22 perpustakaan yang menyampaikan permohonan akreditasi, yang terdiri dari perpustakaan sekolah, desa, pemerintah, dan perpustakaan milik universitas di Kalsel.

Di samping itu, tambah Bunda Nunung, akreditasi dibutuhkan agar standar dan mutu perpustakaan umum, sekolah, dan perguruan menjadi lebih baik. Maka dari itu, pihaknya kerap kali melakukan pembinaan ke perpustakaan di kabupaten dan kota se Kalsel.

“Pembinaan sudah kita lakukan, agar perpustakaan di daerah lebih siap dalam menghadapi akreditasi,” tandasnya.

Kanalkalimantan.com