Dispersip Jogja Belajar ke Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DIY berkunjung ke Dinas Perpustkaan Daerah dan Arsip Provinsi Kalsel, Selasa (10/12) pagi.

Ada tiga orang. Kasubag Program M Rosyid Budiman, Analis Perencana dan Pelaporan, Budi Santosa, dan  permadhita kurniawati.

Kasubag Program M Rosyid Budiman mengatakan kedatangannya ke Banjarmasin untuk belajar pengelolaan perpustakaan di Kalsel.

“Kita menggali informasi program unggulan dispersip kalsel untuk studi tiru perencanaan program kegiatan 2021,” katanya.

Ia melihat layanan di Perpustakaan Palnam sangat bagus, nyaman dan menyenangkan. Apalagi ruang bermain anak. Tidak heran jika Dispersip menjadi favorit kunjung pelajar khususnya anak-anak.

“Yang kami dengar di Kalsel luar biasa dan pada saat rapat nasional, Kalsel selalu disebut sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia,” katanya.

Banyak yang bisa ditiru, diantaranya, bagaimana kebijakan pengembangan perpustakaan, kemudian bagaimana koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Pemerintah provinsi mendukung lembaga ini sebagai bagian terpenting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” jelasnya.

Sekretaris Dispersip Kalsel Ramadhan yang mendampingi rombongan berkeliling melihat-lihat seluruh ruangan, mengatakan pihaknya sudah melakukan renovasi disejumlah bagian perpustakaan. Lantai dasar sebelumnya adalah tempat parkir, sekarang sudah menjadi perpustakaan bermain anak.

“Karena minat anak inilah kunci untuk kita meraih sukses dalam meningkatkan minat baca di perpustakaan,” ucapnya.

Mewakili Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie yang sedang ada kerpeluan dinas, Ramadhan mengucaokan terimakasih kepada rombongan yang telah berkunjung. Meskipun ada kekurangan, ia mengatakan akan terus berbenah dan meningkatkan kuantitas maupun kualitas layanan secara bertahap.

“Akan terus diperbaiki demi memberikan layanan yang baik tentunya ini juga mendukung visi misi Kalsel untuk mewujudkan Kalsel Cerdas,” pungkasnya.

Sumber : reportasekalimantan.com