Dispersip Gelar Workshop Perpustakaan Berbasis IT

Dinas Per­pustakaan dan Kearsipan (Dis­persip) Kalimantan Selatan menggelar Workshop Per­pus­takaan Berbasis Informasi Teknologi bagi Pengelola Per­pustakaan di Daerah se-Kali­mantan Selatan.

Workshop yang diadakan di Banjarmasin, Rabu (24/2), menghadirkan Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Nelwaty, sebagai narasumber, dan diikuti perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Kalimantan Selatan.

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani mengatakan, wor­k­shop ini untuk mengembangkan layanan perpustakaan berbasis informasi teknologi, dan untuk mengakomodir kaum milenial agar meningkatkan minat baca, serta menyukai dunia per­pustakaan.

Nurliani yang akrab disapa Bunda Nunung ini menjelaskan, melalui workshop ini pihaknya mengajak perpustakaan daerah di Kalsel, agar menyesuaikan dengan perkembangan informasi teknologi saat ini. Apalagi, saat pandemi Covid-19 ini, per­gerakan masyarakat pun dibatasi.

Menurutnya, dengan ber­basis informasi teknologi tentunya dapat membantu masyarakat, khususnya pelajar atau maha­siswa, sehingga bisa mengakses buku-buku perpustakaan dari rumah.

Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Nelwaty menga­takan, perpustakaan berbasis informasi teknologi sangat diperlukan, terutama pada masa seperti ini, pandemi Covid-19.

Karena, pandemi Covid-19 ini membuat pergerakan masya­rakat terbatas, maka sudah seharusnya perpustakaan daerah mulai mendigitalisasikan koleksi buku yang dimiliki, atau mem­buat lyanan berbasis elektronik seperti I-Kalsel milik Disepersip Kalsel maupun E-Pusnas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut, Rheody Erhan­syah menga­­takan, pihaknya optimis dapat menyiapkan layanan perpustakaan berbasis informasi teknologi. “Kami siap, kebetulan kami ada pustakawan baru yang paham IT,” ucapnya.

sumber:matabanua.co.id