Dispersip Gelar Seminar, Dorong Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca di Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelar seminar web soal Pemasyarakat Perpustakaan dan minat baca Provinsi Kalimantan Selatan. Seminar ini menghadirkan narasumber,  Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, DR. M. Ramadhan, SE, ME, Ak, CA, Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Wildan Akhyar, SE, M.Si. Dalam acara seminar tersebut dipandu oleh moderator, Dra. Laila Rahmawati, S.Ag, SS, M.Hum, dengan jumlah peserta 80 orang. di di Perpustakaan Pal 6 ruang Kids Library.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Hj Nurliani Dardie, Kamis (5/11/2020) menyampaikan bahwa Dispersip mendukung Misi (pertama) Gubernur yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas dan terampil dengan indikator utama terkait indeks pembangunan manusia yang agamis, sehat, cerdas, dan terampil dengan indikator utama terkait indeks pembangunan manusia. “Nah, Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca di provinsi Kalimantan Selatan yaitu mengadakan seminar ini,” tandas Hj Nurliani Dardie.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Nunung tersebut mengurarakan bahwa dasar kegiatan ini yakni sesuai amanah UU No.43 tahun yakni dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu diditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi. Perpustakaan bertujuan memberikan badaya gemar membaca melalui pengembangan pendayagunaan perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Seminar ini juga dihadiri oleh ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Kalimantan Selatan yaitu DR. Ahmad Syauqi, M.Pd.I dan ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Banjarmasin Moch Isra Hajiri, S.HI, S.IPI, M. Hum serta dihadiri oleh Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Rachmi Nafissa. Dalam pelaksanaanya, seminar dilaksanakan secara interaktif antara narasumber dengan peserta seminar. Sehingga bisa saling sharing antar narasumber dan peserta dalam memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca di provinsi Kalimantan Selatan.

banjarmasin.tribunnews.com