Dispersip Gelar Bimtek Perpustakaan, Peserta Diberi Pemahaman Soal Ini

Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Daerah Kalsel menggelar Bimbingan Teknis Keperpustakaan Desa/Kelurahan Pola 30 Jam Provinsi Kalsel pada Rabu (9/8/2017) hingga Jumat (11/8/2017) di Hotel Jelita Banjarmasin.

Kabid Pengolahan Dispersip Kalsel, M Ramadhan menyampaikan, satu tugas pihaknya adalah pembinaan perpustakaan di Kalsel.

“Perpustakaan yang dibina baik perpustakaan sekolah, perpustakaan umum kabupaten atau kota, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan instansi atau khusus, perpustakaan desa dan kelurahan yang ada di 10 kabupaten atau kota yang mendapat bantuan TUK 2017,” jelasnya.

Bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI, bimbingan teknis ini bertujuan memberikan pemahaman tentang mengolah buku atau pengelolaan buku.

“Juga memberikan pengetahuan dan keterampilan cara pengolahan bahan pustaka dan permasalahannya,” papar Ramadhan, sekaligus Ketua Panitia Bimtek.

Mengenai materi disampaikan yaitu pengantar ilmu kepustakaan, pengembangan koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, pengolahan bahan pustaka.

Materi lainnya, pemeliharaan dan perawatan bahan pustaka, peningkatan minat dan gemar membaca, pengenalan teknologi informasi perpustakaan.

Sumber : Tribun Banjarmasin