Dispersip dan Kemenkum HAM Jalin Kerjasama

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel menjalin kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penanda­tanganan perjanjian oleh Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani MAP dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel Agus Toyib BcIP SH MH di Kantor Dispersip Kalsel, Senin (7/12).

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani yang akrab disapa Bunda Nunung mengatakan, Dispersip Kalsel mendukung misi Gubernur Kalsel yakni mengembangkan sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas, dan terampil dengan indikator utama terkait indeks pembangunan manusia.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut sebut Bunda Nunung, Dispersip Kalsel melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain institusi pendidikan, satuan kerja perangkat daerah atau pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung ikut memajukan literasi.

Bunda Nunung yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru menjelaskan, selama ini Dispersip Kalsel telah memberikan layanan perpustakaan keliling ke lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, dan balai pemasyarakatan di Kalsel, seperti di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Nar­kotika Karang Intan, Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas I Martapura, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Rantau Prapat, Rumah Tahanan Kelas IIB Pelaihari Tanah Laut, Rumah Tahanan Kelas IIB Marabahan Barito Kuala, dan Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin. “Dispersip Kalsel terus berupaya mengembangkan literasi di Kalsel dengan terus melakukan pelayanan perpustakaan, termasuk ke lembaga pema­syarakatan, rumah tahanan, dan balai pema­syarakatan di Kalsel,” ujarnya.

matabanua.co.id