Dispersip Bina Perpustakaan Desa Pasayangan Barat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar bidang Perpustakaan dibawah Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan melaksanakan pembinaan sekaligus monitoring Perpustakaan Desa Pasayangan Barat, Kecamatan Martapura, kemarin.

Perpustakaan Balai Ilmu Desa Pasayangan Barat baru saja terbentuk tahun ini. Bangunan perpustakaan desa tersebut sudah terpisah dengan kantor desa dan pembangunan menggunakan dana desa, begitu pula dengan pengadaan koleksi buku dan sarana prasarana di dalamnya.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Sofa Mahrita mengatakan, buku-buku koleksi masih baru, belum diolah dan kelengkapan administrasi juga belum lengkap, jadi masih perlu pendampingan dan pembinaan untuk pengolahan koleksi buku mereka. ”Pemerintah Desa Pasayangan Barat sangat berkomitmen dan bersemangat untuk mengembangkan perpustakaan desa, terbukti mereka sudah dua kali menganggarkan untuk pembelian buku untuk melengkapi kekurangan buku-buku,” ujarnya.

Dia pun berharap desa-desa lainnya yang belum memiliki bangunan perpusdes sendiri, dapat termotivasi untuk bisa memanfaatkan dana desa guna membangun perpustakaan desa beserta koleksi bukunya,” harapnya.

Habibah selaku pengelola perpustakaan desa mengungkapkan, pelayanan perpustakaan buka setiap hari Senin dan Kamis, sedang antusias anak-anak dalam membaca buku disini cukup bagus. ”Semoga perpustakaan desa disini dapat berkembang menjadi perpustakaan berbasis inkulusi sosial, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pesayangan Barat,” pungkasnya.

kalimantanpost.com