Dispersip Bekerjasama ANRI Gelar Webinar Penyelamatan Arsip Pasca Bencana

Dispersip Kalsel bekerjasama ANRI akan menggelar Webinar Nasional Penyelamatan Arsip Pasca Bencana pada 17 Maret mendatang. Adapun peserta Webinar Nasional tersebut adalah Lembaga kearsipan dan SKPD provinsi dan kabupaten kota se Kalsel serta lembaga kearsipan PTN seluruh Indonesia.

Menurut Kadispersip Kalsel Hj Nurliani, hal  ini sangat urgen, di samping untuk merespon secara cepat untuk menanggulangi kerusakan arsip akibat bencana banjir yang baru terjadi, juga mengantisipasi manakala terjadi bencana ke depannya.

Adapun peserta Webinar Nasional tersebut adalah Lembaga kearsipan provinsi dan kabupaten kota se Kalsel, SKPD tingkat provinsi dan kabupaten/kota dan Lembaga kearsipan daerah daerah dan PTN seluruh Indonesia. Sementara yang menjadi pemateri dalam webinar itu adalah Dr. Kandar, MAP (Direktur Preservasi) dan Kadir (Arsiparis Penyelia). “Salah satu unsur yang penting setelah  manusia yang rusak akibat bencana banjir adalah arsip.Keberadaan arsip tersebut tersebar di seluruh pencipta arsip, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Kalimantan Selatan,” kata Nurliani.

Keberadaan arsip tersebut turut terancam keselamatannya akibat bencana banjir, padahal arsip merupakan aset berharga bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Untuk mengambil langkah-langkah strategis terhadap dampak kerusakan arsip akibat bencana dan tindakan preventif sesuai amanat UU 43/2009, maka Dispersip bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) akan melaksanakan webinar penyelamatan arsip. 

Sumber:jejakbanua.com