Dispersip Bawa Perpustakaan Keliling ke LP Pelaihari

Guna menjalin silaturahmi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengunjungi Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala).  Dalam kunjungan ini, Dispersip Kalsel membawa perpustakaan keliling (Pusling), sekaligus membimbing pengelola perpustakaan tentang selving buku yang ada di LP Kelas II Pelaihari, serta menggali informasi seputar program kerja dan agenda Dispersip Kalsel.

Kadis Dispersip Kalsel, Hj Dra Nurliani MAP, mengatakan, kerjasama ini merupakan bagian dari upaya peningkatan literasi para narapida.  “Harapannya, kelak ketika keluar dari Rutan, eks narapidana baik dewasa, maupun anak remaja, bisa mendapatkan bekal ilmu dari berbagai buku yang dipersiapkan. Apalagi buku yang diberikan tersebut diantaranya terkait kewirausahaan, untuk menjadikan para eks narapidana nantinya menjadi entrepreneur,” katanya.

Nurliani mengungkapkan, pihaknya membawa beberapa genre buku seperti buku jenis novel, agama, hingga keterampian dan kewirausahaan. Buku yang dipinjamkan ini nantinya akan dipinjamkan kepada warga binaan yang ada di LP Kelas II B Pelaihari.

Nurliani menyatakan bersyukur, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga binaan. Bahkan salah satu warga binaan berpesan agar pihaknya kembali  lagi dengan membawakan buku-buku bacaan lainnya. “Semoga kerjasama semacam ini dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan keterampilan para warga binaan,” ujarnya.

Sumber:maknanews.com