Dipersip Tabalong Disarankan Pererat Kemitraan Dengan Pers

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong bersama jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabaling, Selasa (8/12) melakukan kunjungan kerja di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memperkaya bahan  pengembangan perpustakaan daerah. Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani menyambut baik kunjungan dan memberikan masukan terkait dengan pengembangan perpustakaan daerah.

Menurut wanita yang biasa disapa Bunda Nunung itu,  ada dua hal yang perlu diperhatikan jajaran Dispersip Tabalong dalam pengembangan perpustakaan daerah yakni hubungan dengan media massa serta dengan stakeholder terkait. “Tanpa bermaksud menggurui saya pun berbagi sedikit pengalaman dalam mengembangkan perpustakaan daerah milik provinsi. Berdasarkan pengalaman, kita memerlukan dukungan dari media massa dan DPRD terutama komisi yang membidangi sebagai mitra kerja mereka,” ucapnya.

Dengan memelihara hubungan kerja ujar  Bunda Nunung, Dispersip Tabalong akan mendapatkan dukungan yang lebih baik dari Pemdan maupun DPRD, baik secara moril maupun SDM-nya. “Seperti yang mereka katakan bahwa banyak SDM mereka yang terlatih telah dimutasi. Untuk itu mereka butuh dukungan dari DPRD dan pemberitaan media untuk mengkomunikasikan dengan pimpinan daerah, selaku pejabat pembina kepegawaian di Kabupaten Tabalong,” terangnya.

Kabid Kearsipan Dispersip Tabalong, Rahma Norita berencana juga kunjungan ke Perpusnas RI dan didampingi Kepala Dispersip Kalsel hingga dapat  mendisposisikan, agar Kabupaten Tabalong mendapat bantuan. Dalam dialog, Rahma sempat melontarkan harapan mereka supaya mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling seperti yang cukup banyak dioperasikan Perpustakaan Palnam  untuk menjangkau kawasan luar kota.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Supriani menyatakan, pihaknya sengaja mengunjungi Dispersip Kalsel, yang dinilai berhasil membenahi perpustakan dan kearsipan, guna menggali berbagai hal dan pengetahuan, untuk dikonsultasikan ke Perpusnas RI dan diaplikasikan di daerah. “Kami menggali berbagai hal untuk pembenahan perpustakaan dan kearsipan di Tabalong, dan berharap mendapat dukungan pula dari Dispersip Kalsel dan Perpusnas RI,” ungkapnya.

baritopost.co.id