Diklat Manajemen Perpustakaan, Banjarmasin, Juli 2019

Dalam upaya peningkatan kompetensi SDM Manajerial di Bidang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan, menyelenggarakan kegiatan “Diklat Manajemen Perpustakaan”.  Diklat Manajemen Perpustakaan Angkatan ke VI tahun 2019, diadakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan, tanggal 22 Juli-31 Juli 2019. Penyelenggaraan Diklat bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

 

Peserta

Peserta Diklat merupakan pejabat struktural eselon  3 dan 4 dari berbagai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota Se Kalimantan Selatan. Dan juga pejabat struktural dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Nama-nama peserta diklat adalah sbb Abdilah, Ernawati, Hj. Masni  Ardaniah, Abdul Hafit, H. Chairil, Ermawati, H. Agus Salim, H. Muhiddin, H. Rakhman, Hamdah, Hj. Arbayah, Hj. Mahdahlena, Hj. Mingsih Afrianthy, Hj. Nor Asiah Aryanie, Hj. Rahma Novita, HJ. Ratna Nimalawati, Hj. Narida, Hj. Susiana Etyanti, Jakaria Katsalini, Jamilah, M. Arsyad, Mujahidin, Nur Rochma, Faizal Riza, Rahmat Mulyana, Rusma Yuliati, Sarpani, Sofyan Wahid, Umi Raudah.

Pengajar

Pengajar diklat terdiri dari Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Pustakawan dari Perpustakaan Nasional, UIN Kalimantan Selatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Materi

Materi Inti diklat yang diberikan meliputi; Pengantar ilmu perpustakaan, manajemen kelembagaan, manajemen pengembangan koleksi, manajemen pengorganisasian informasi, manajemen layanan perpustakaan, dan manajemen oreservasi. Peserta juga dibekaki dengan mateti seminar perpustakaan.

Manajemen Pengorganisasian

Penulis mendapatkan tugas sebagai pengajar untuk materi Manajemen pengorganisasian informasi. Materi ini meliputi pengetahuan dasar tentang pengorganisasi informasi, pengatalogan deskriptif, pengatalogan subjek, dan pasca pengatalogan. Model pembelajaran disampaikan melakui metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan diberikan tugas mandiri dan kelompok.

 

Penutup

Peserta diklat sangat aktif, penuh kreativitas dan mempunyai semangat serta keingintahuan tentang ilmu perpustakaan. Peserta mempunyai kerja sama yang bagus selama proses pembelajaran

Terakhir,  penulis mengucapkan terima kasih kepada Tim Panitia Diklat Perpusnas, Bapak Widiyanto dan sekuruh anggota tim. Dan juga tim panitia dari Dimas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, terkhusus untuk Ibu Arbayah, Ibu Dina, pak Fitri dan pak Ardilah.

dokpri
Salam literasi

Pergi mengajar ke Kota Banjarmasin

Pesertanya aktif panitianya profesional

Tingkatkan SDM  dengan penuh yakin

Wujudkan Perpustakaan berstandar Nasional