Di Tengah Pandemi dan Padatnya Kegiatan Sedaring, Dispersip Kalsel Penuhi Minat Baca di PSBW

Masih terjadinya pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat Bidang Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk menyajikan pengetahuan kepada masyarakat, baik secara tatap muka hingga melalui daring.

Selain gencar melaksanakan seminar daring (sedaring), pelayanan perpustakaan keliling (pusling) juga tetap berjalan, seperti mampir ke Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati, milik Dinas Sosial Provinsi Kalsel di Landasan Ulin, Banjarbaru, Sabtu (30/8/2020). “Pusling tetap jalan di tengah pandemi dan di sela kegiatan sedaring yang padat, seperti di lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, badan pemasyarakatan, panti sosial asuhan anak, PSBW melati dan lainnya,” ungkap Hj. Nurliani, M.AP, Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, melalui siaran persnya kepada jurnalkalimantan.com.

Mobil pusling ini diserbu penghuni psbw, yang mencari bahan bacaan, hingga terlihat antusias dan disambut baik Kepala PSBW Melati, Fathul Jannah. “Koleksi buku di perpustakaan di sini kurang banyak, kemudian koleksi buku pusling cukup lengkap dan sesuai dengan minat anak-anak di sini,” ungkap Fathul Jannah melalui aplikasi whatsapp kepada jurnalkalimantan.com.

Ditambahkanya, di PSBW Melati ada puluhan anak yang dibina selama enam bulan, dengan mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan, seperti tata boga, tata rias dan tata busana.

Selain itu, idak hanya buku-buku berkaitan dengan pembelajaran, mobil pusling palnam juga menyertakan buku bacaan hiburan, seperti novel dan lainnya.

jurnalkalimantan.com