Depo Arsip Kalsel Wacanakan Penambahan Ruangan Galeri Foto

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel mulai menata seluruh ruangan yang ada dikantor terutama ruangan khusus untuk galeri foto. Penataan tersebut dilakukan guna mempermudah masyarakat ketika berkunjung kekantor arsip daerah dalam rangka mencari informasi penelitian tentang sejarah kalsel melalui koleksi foto pada jaman kepemimpinan gubernur terdahulu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dipersip Kalsel, Chozanatur Nisa mengatakan untuk mempermudah akses pelayanan kearsipan bagi masyarakat, mereka melakukan perbaikan sarana ruangan kearsipan. “Jadi kita merenovasi gedung depo arsip dan berencana kita bangun gedung depo baru di daerah trikora dengan desain ruangan khusus seperti ada ruangan layanan, pameran, ruang foto, ruangan arsiparis dan ruangan arsip bernilai sejarah,” ucap Nisa, Banjarbaru, Kamis (2/7/2020).

Keterbatasan tempat membuat ruang baca arsip tidak bisa diadakan. Masyarakat atau pengunjung terpaksa menggunakan ruangan rapat atau lobi tamu untuk membaca arsip yang mereka cari. “Akibat pandemi Covid-19 sejumlah proyek pembenahan di Depo Arsip terpaksa ditunda. Saat ini, perbaikan lebih memaksimalkan tempat penyimpanan berkas arsip di lantai dua.

Pengelolaan arsip dan berkas penting milik pemerintah daerah saat ini belum maksimal disebabkan kurang SDM yang dimiliki. “Untuk di Depo Arsip Kalsel sendiri cuma ada lima orang pengelola kearsipan,” tutup Nisa.

diskominfomc.kalselprov.go.id