Depo Arsip Dispersip Kalsel Sesuai Standar Lembaga Arsip Nasional

Depo Arsip yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan (Dispersip) Kalsel dinilai sudah memenuhi standarisasi Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (RI).

Hal ini dibenarkan Kabid Pengelolaan Kearsipan Dispersip Kalsel, Alfarizi. “Alhamdullilah, depo arsip kita sudah memenuhi sarana prasarana yang dipersyaratkan, sesuai standar yang telah ditetapkan Lembaga Arsip Nasional RI,” tuturnya.

Depo Arsip yang terletak di lingkungan Balaikota Banjarbaru ini, papar Alfarizi, dilengkapan dengan tangga darurat, sehingga dapat mempermudah menyelamatkan arsip bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. “Sebagai tindak lanjut penilaian itu, maka kita bangun tangga darurat di sisi sebelah kanan dan kiri, serta di luar Depo Arsip, menuju lantai dua. Pada sisi kanan berupa luncuran tanpa anak tangga, dan sisi kiri dilengkapi anak tangga,” ujarnya.

Guna memberikan pelayanan yang nyaman, lanjut Alfarizi, ruangan depo arsip juga sudah dipasang alat pendingin (AC), dilengkapi gorden sebagai pelindung arsip dari intensitas cahaya yang dapat merusak arsip maupun box penyimpanan arsip lainnya.

Meski demikian, Depo Arsip Kalsel ini masih belum memiliki peralatan pendeksi asap. “Kebutuhan alat tersebut masih dalam proses pengadaan. Diharapkan pada akhir tahun nanti alat pendeteksi tersebut sudah bisa terpasang,” tutup Alfarizi.

maknanews.com