Depo Arsip Banjarbaru Siapkan Ruang Khusus Arsip dan Audio Visual

Depo Arsip Banjarbaru yang berada dibawah pengelolaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan akan menyiapkan ruang khusus arsip audio visual di tempat tersebut. 

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani di Kota Banjarbaru, Ahad mengatakan, ruang khusus arsip audio visual itu rencananya menempati salah satu sudut di Depo Arsip yang terletak di lingkungan Balaikota Banjarbaru. “Saat ini kami masih membenahi bangunan arsip mulai ruangan lobby di lantai dasar, ruangan arsip di lantai dua, musala dan toilet. Ke depan akan menyiapkan ruang khusus arsip audio visual,” ujar pejabat perempuan itu. 

Menurut Bunda Nunung, sapaan akrab Nurliani, pembenahan lobby kantor Depo Arsip sudah selesai dilanjutkan lantai dua perbaikan dinding ruangan,  penutup tirai untuk jendela dan setiap ruangan yang dilengkapi AC. Dijelaskan, penyediaan ruang khusus bagi arsip audio visual untuk merawat sekaligus memudahkan masyarakat mengakses koleksi arsip audio visual yang dimiliki Dispersip Kalsel di Depo Arsip Banjarbaru.  “Bisa dilihat saat ini, cukup banyak arsip-arsip gambar yang diletakkan di sisi tangga dan bahu lantai sehingga membuat tidak nyaman dipandang dan terkesan mengganggu jalan serta mempersempit ruang,” ucapnya. 

Dikatakan, anggaran pembenahan Depo Arsip Banjarbaru sejak awal sudah disiapkan secara terukur tetapi karena pandemi COVID-19 membuat sejumlah kegiatan dan anggaran dilakukan penyesuaian. “Kami berharap pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga anggaran bisa kembali dan kegiatan yang sudah direncanakan bisa direalisasikan agar Depo Arsip semakin lengkap sebagai penyimpanan beragam arsip,” katanya. 

kalsel.antaranews.com