Dari Tanah Bumbu, Kepsek dan Sastrawan Sambangi Perpustakaan Palnam

Perpustakaan Palnam yang dikelola Dispersip Kalsel rupanya memikat hati empat kepala sekolah dan seorang sastrawan di Kabupaten Tanah Bumbu untuk menyambanginya pada Sabtu (15/2/2020) siang.

Keempatnya adalah Kepsek SDN 2 Pasar Baru Pagatan Supiani, Kepsek SDN Juku Eja Pagatan Kartisah, Kepsek SDN 3 Batuah Pagatan Fajriah, dan Kepsek SDN Sungai Lembu Pagatan Siti Hawa. Ikut pula Andi Jamaluddin, sastrawan asal Tanah Bumbu yang juga berkesempatan menjadi anggota Perpustakaan Palnam.

Salah satu kepsek, Fajriah menuturkan, ia berusaha untuk mengajak koleganya berkunjung ke Perpustakaan Palnam jika ada kesempatan ke Banjarmasin. Tujuannya agar mereka yang ingin dekat melihat suasana Perpustakaan Palnam dengan mata langsung dan melihat perubahannya.

“Dulunya takut melihat bangunan perpustakaan di Palnam. Sekarang seolah disulap menjadi tempat serasa duduk di rumah sendiri. Dan yang paling saya suka kenyamannya,” kata Fajriah.

Kendati berkunjung di akhir pekan, ia terkejut ketika mengetahui perpustakaan tetap buka seperti biasa. Tentunya, lanjut Fajriah, akan memberi kesempatan untuk berkunjung terutama di luar wilayah Banjarmasin.

“Dan juga akan mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat untuk anak remaja. Dengan bukanya perpustakaan yang bisa memberi wawasan lebih untuk mencari bahan-bahan terutama bagi mahasiswa yg mencari referensi,” jelasnya.

Selain itu, dibukanya perpustakaan di akhir pekan juga membuatnya terkejut. Mengapa? “Di hari libur begitu banyak keluarga yang membawa anak-anaknya untuk bermain sambil mengenalkan buku bacaan,” tutupnya.

(Kanalkalimantan.com/fikri)