Dandim 1006/Mtp Dukung Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mendukung kegiatan wisata literasi dan pengabdian masyarakat yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan.  “Kami mendukung penuh wisata literasi dan pengabdian masyarakat yang digelar Dispersip Kalsel pada 28-31 Januari 2021,” ujar Dandim usai menerima kunjungan Kadispersip Kalsel Nurliani di Martapura, Selasa.
Diketahui, kegiatan wisata literasi dan pengabdian masyarakat Dispersip Kalsel bekerja sama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska MAB) dan TNI/Polri serta media massa.

Menurut dandim, pihaknya menandai kerja sama perdana dengan Dispersip Kalsel itu siap menerjunkan anggota TNI untuk membawa buku bahan bacaan menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor.  “Kami siap menerjunkan personel Bintara Pembina Desa menggunakan sepeda motor membawa buku-buku ke desa yang dituju yakni Belangian sehingga masyarakat bisa membaca buku bacaan,” ucapnya.

Ditekankan dandim, kegiatan yang dilakukan Dispersip Kalsel sejalan dengan program yang digalakkan untuk membantu penguatan budaya literasi bagi masyarakat terutama di wilayah pedesaan.  “Kami sudah melaksanakan kegiatan serupa dengan membuatkan ruang baca bagi masyarakat desa berikut buku-buku yang disiapkan. Nanti bisa dilihat di Desa Belangian yang telah tersedia ruang bacanya,” kata dia.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani mengatakan sinergi ini sebagai bentuk nyata upaya Pemprov Kalsel dalam mendekatkan buku terutama kepada masyarakat desa perairan dan pesisir, yang sulit mendapatkan buku. “Tujuan kegiatan mendekatkan buku ke masyarakat di desa-desa yang kesulitan mendapat buku maupun akses pengetahuan melalui jaringan internet. Sejalan misi Gubernur Kalsel mewujudkan masyarakat cerdas,” katanya.
Ditambahkan, meski pun di tengah pandemi COVID-19 diharapkan minat baca masyarakat Kalsel khususnya tidak menurun, dan tetap menyerap pengetahuan yang positif melalui buku maupun media lainnya.

kalsel.antaranews.com