Dandim 1006/Martapura Dukung Penuh Promosi Literasi ke Masyarakat Desa

Rencana kegiatan Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat (28–31 Januari 2021), oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bersama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska MAB) dan TNI-POLRI, serta media massa, disambut baik dan didukung Komandan Komando Distrik Milter (Kodim) 1006/Martapura.

Pada kegiatan sinergi perdana tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 1006/Martapura direncanakan menurunkan anggotanya untuk membantu membawa buku dengan sepeda motor. “Kita dukung penuh kegiatan ini. Nanti akan kita kerahkan para Babinsa yang bisa membawa buku-buku dengan motor yang kita atur, agar dapat membawa ke Desa Belangian,” papar Dandim 1006/Martapura, Letkol. Arm. Siswo Budiarto, usai bersilaturahmi dengan Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, di Markas Kodim 1006/Martapura, Selasa (05/01/2021).

Kegiatan ini tegas Dandim, sejalan dengan program yang telah digalakkan pihaknya, untuk membantu penguatan budaya literasi masyarakat. “Kita melaksanakan kegiatan yang sama, kita membuat ruang baca. Nanti kita laksanakan peninjauan juga setelah kegiatan di Desa Belangian,” ungkapnya.

Sementara itu, Hj. Nurliani menyatakan, sinergi ini sebagai bentuk nyata upaya Pemerintah Provinsi Kalsel mendekatkan buku kepada masyarakat, terlebih masyarakat desa perairan dan pesisir, yang sulit untuk mendapatkan buku ataupun akses pengetahuan melalui jaringan internet. “Iya betul, kita mendekatkan pengetahuan kepada masyarakat, terlebih pada anak-anak dan generasi muda, guna mewujudkan misi Gubernur, yakni Kalsel Cerdas,” paparnya saat dihubungi jurnalkalimantan.com melalui whatsapp. Di tengah pandemi saat ini, Bunda Nunung (sapaan akrab Hj. Nurliani) berharap, minat baca masyarakat tidak menurun, dan tetap dapat menyerap pengetahuan yang positif.

jurnalkalimantan.com