Bumikan Literasi, Pustakawan & Pengelola Perpustakaan Terus Ditatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DISPERSIP Prov. Kalsel Menggelar Seminar Pemasyarakatan Minat Baca, bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan di Banua, Selasa (2/7/2019).

“Giat ini sebagai upaya meningkatkan budaya gemar membaca, bagi masyarakat, khususnya peserta seminar yang hadir ditatar, seperti pustakawan, pengelola perpustakaan baik yg ada Di Perpustakaan Perguruan Tinggi, disekolah maupun di SKPD dan Dinas Perpustakaan Kab/Kota ,” kata kepala DISPERSIP Kalsel Hj. Nurliani Dardie.

Budaya literasi dan minat naca di Banua sejatinya dianggap terus meningkat dengan inovasi, serta gebrakan dalam mengajak masyarakat dekat dengan buku oleh pihak terkait, khususnya dinas perpustakaan.

Indikator peningkatan terlihat dari tingkat kujungan pemustaka di pelayanan perpustakaan kilometer enam, terlebih dengan mudahnya proses rekrut keanggotaan yang setiap harinya tak pernah sepi.

“Workshop rutin digelar dan diisi pemapar penulis best seller skala nasional, untuk peningkatan wawasan pengetahuan pustakawan dan pemustaka,” ungkap bunda nunung, sapaan akrab kadispersip kalsel.

Tak hanya mengelar giat ceremony, peningkatan kapasitas melalui workshop dan seminar tentang literasi, kerjasama orang tua, tenaga pendidik anak disetiap tingkatnya juga dijalin guna lebih mendekatkan anak dengan literasi dan buku bacaan.

Inovasi teranyar dengan dihadirkannya trail pustaka yang bisa menjangkau akses pemustaka yang berada di pelosok, disamping banyaknya perpustakaan keliling.

terpenting dari budaya literasi, reverensi buku baca yang bisa dimiliki dan dijangkau semua kalangan, “kita juga sering melaksanakan pameran dan bazar buku murah,” tutup bunda nunung.

Reporter : Fadli Rizky

 

Sumber : dutatv.com