Buka Kembali Layanan Perpustakaan, Dispersip HSU Batasi Pengunjung Saat New Normal

Perpustakaan umum daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali membuka layanan baca dan pinjam buku per 1 Juli 2020. Pembukaan ini dilakukan usai tiga bulan terakhir dilakukan penutupan karena merebaknya Covid-19. Meski membuka layanan, namun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU mengambil kebijakan baru dengan membatasi jumlah pengunjung perhari selama 2 jam saja. Dengan jadwal hari Senin – Kamis pukul : 08.30-12.30 WITA dan Jumat pukul : 08.30- 10.30 WITA. Sedangkan hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tutup. Selain itu, para pengunjung juga diwajibkan mengikuti seluruh protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku untuk mencegah penularan serta memutus mata rantai Covid-19.

Kepala Dispersip HSU Hj Lailatanur Raudhah mengatakan, karena adanya desakan kebutuhan akan buku dan sumber referensi bacaan dari kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga Dispersip HSU kembali mengaktifkan layanan baca dan pinjam buku.

Menurut Lailatanur, kebutuhan akan buku bacaan tersebut sudah lama dinantikan oleh para pelajar  yang notabene merupakan mahasiswa yang aktif mengerjakan tugas kuliah maupun tugas akhir kuliah. Meski dibatasi dengan jumlah sekitar 40 sampai 50 orang pengunjung saja, Lailatanur berharap agar para pengunjung tetap mentaati peraturan protokol kesehatan sehingga Perpustakaan tetap menjadi tempat yang aman bagi semua. “Mudah-mudahan ini bisa terpenuhi dan anak-anak kita tetap taat pada peraturan sesuai dengan aturan protokol kesehatan,” tukasnya.

Dari pantauan kanalkalimantan.com, sejumlah pengunjung perpustakaan sudah tampak antusias dibukanya kembali layanan perpustakaan sejak pagi, salah satunya Ahdiyatul Hikmah yang mengaku senang dan bersyukur atas dibukanya kembali layanan perpustakaan.

Menurut mahasiswa semester 6, STAI Rakha Amuntai ini, hampir selama tiga bulan terakhir semenjak Perpustakaan ditutup karena pandemi Covid-19, ia bersama teman-temannya yang lain mangaku kesulitan mendapatkan sumber bacaan terutama bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah. ” Kalau bisa jam kuningan (Perpustakaan) bisa diperpanjang lagi, karena mahasiswa ditempat kita ini banyak, pastinya banyak yang ingin baca buku, jadi kalau bisa diperpanjang lagi jam kunjungannya,” pungkasnya.

kanalkalimantan.com