Bikin Betah Pelajar Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan

Hampir tiap hari, tak hanya masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa pun mengunjungi Perpustakaan Provinsi Kalsel di Jalan A Yani kilometer 6 Banjarmasin.

Pelajar yang datang, mulai siswa Taman Kanak-kanak (TK), SD, SMP hingga SMA tak hanya sekitar Banjarmasin, juga berasal dari Pelaihari, Tanahlaut.

“Kemarin yang datang dari siswa SMPN 3 Pelahari yang berkunjung. Kedatangan siswa itu, untuk wisata baca,” papar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Nurliani H Dardie, Sabtu (13/5/2017).

Dijelaskan dia, untuk siswa TK dan SD ada ruang khusus membaca di lantai bawah.

“Anak-anak bisa membaca sambil tidur-tiduran karena kami sediakan bantal. Bagi yang ingin membaca sambil duduk, kita sediakan meja dan kursi,” jelasnya.

Bunda Nunung, panggilan akrab Nurliani juga memberikan tempat bermain di halaman perpustakaan atau selfie di beranda.

“Kita memang memberi kebebasan bermain, supaya anak-anak betah di perpustakaan. Kalau sudah betah dan senang datang ke sini, nantinya mereka bertambah minatnya datang membaca buku,” ucapnya.

Prof Ismet Setya Budi, dosen Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin mengatakan Perpustakaan Provinsi Kalsel sekarang ini tambah mantap.

Senada diungkapkan dosen lainnya, Hajriansyah. “Anak saya saking himungnya dibawai ke perpustakaan membawai kekawanannya di kompleks menjadi anggota perpustakaan,” ceritanya.

 

Sumber : Tribun Banjarmasin