Berkembang Pesat, Dispersip Kalsel Jadi Tujuan Studi Banding Dispersip Murung Raya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali menjadi pilihan kabupaten dari provinsi lain untuk belajar mengembangkan perpustakaan daerah, yang kali ini datang dari Dispersip Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Kalsel sebagai provinsi dengan predikat Indeks Pembangunan Literasi tertinggi di Indonesia pada tahun 2020, membuat Dispersip Murung Raya memilih Kalimantan Selatan sebagai daerah tujuan studi banding.

Datang seorang diri, Yusup Jaya, sebagai Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Murung Raya, menggali berbagai informasi secara langsung, sekaligus untuk sinkronisasi program transformasi literasi berbasis inklusi sosial.

“Saya ke sini ingin melihat perkembangan perpustakaan di Kalsel yang sangat bagus. Oleh karenanya, saya ingin belajar di sini,” ucapnya di sela kunjungan, Jumat (07/05/2021).

Ditambahkannya, pengetahuan dan informasi yang diserap di Dispersip Kalsel, akan diterapkan di perpustakaan daerah yang ada di kabupatennya.

“Apa yang saya lihat dan pelajari di sini, akan saya bawa dan kembangkan di tempat kami,” tuturnya.

Kunjungan yang diterima Pelaksana Harian Kepala Dispersip Kalsel, Muhammad Ramadan, berharap hasil kunjungan ini membawa pengaruh baik untuk perkembangan literasi di Murung Raya.

“Semoga apa yang bapak lihat dan dapatkan di sini (Dispersip Kalsel, red) bisa diusulkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya, Kalteng, sehingga dapat membantu meningkatkan minat baca dan budaya literasi di Kabupaten Murung Raya,” tutupnya.

Sumber : Jurnalkalimantan.com