Belajar Menulis Cerpen dan Novel Bersama Faisal Oddang, Kamu Sudah Daftar Belum?

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan akan menggelar kelas penulisan karya fiksi (Cerpen dan Novel). Bagi kamu yang suka menulis dan ingin belajar menulis karya fiksi, jangan lewatkan kesempatan berharga kali ini. Acara bertema “Kelas Menulis Cerita Bersama Faisal Oddang” ini gratis dan dilaksanakan secara online melalui Zoom/Google Meet.

Pelatihan ini akan fokus pada pelatihan menulis cerita, khususnya cerpen dan novel. Pelajaran akan berpusat pada teknik-teknik dasar penciptaan cerita seperti: kalimat/paragraf pembuka, penciptaan tokoh, penghidupan latar, dan logika-logika bercerita.

Siapa Faisal Oddang?

Faisal Oddang lahir di Wajo pada 18 September 1994, adalah penulis asal Sulawesi Selatan. Ia menulis puisi, cerpen, dan novel. Sebagian besar karya yang ditulisnya bertema tentang tradisi dan adat istiadat di Sulawesi. Karya-karya dari alumni jurusan Sastra Indonesia di Universitas Hasanudin ini pernah mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya Penghargaan Cerpen terbaik Kompas tahun 2014 atas cerpennya berjudul Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon.

Pada tahun yang sama, ia juga mendapatkan penghargaan ASEAN Young Writers Award 2014 dari pemerintah Thailand. Novelnya berjudul Puya ke Puya menjadi pemenang ke-4 dalam Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta dan pada tahun 2015 dipilih sebagai novel terbaik oleh majalah Tempo dan menobatkan Faisal Oddang sebagai Tokoh Seni Tempo 2015 di bidang prosa.

Pada tahun 2016, Faisal mengikuti residensi penulis di Belanda dengan dukungan Komite Buku Nasional. Selain itu, ia juga diundang menghadiri International Writing Program 2018 di Iowa City (Amerika Serikat), dan pada tahun yang sama menerima Robert Bosch Stiftung and Literariches Colloquium Berlin Grants 2018.

Karya-karya Faisal Oddang yang lain adalah Rain & Tears (Novel, 2014), Pertanyaan Kepada Kenangan (Novel, 2016), Manurung (Puisi 2017)–finalis Kusala Sastra Khatulistiwa 2018 kategori puisi, Perkabungan Untuk CInta (Kumpulan Puisi, 2017), dan Tiba Sebelum Berangkat (Novel 2018)–finalis Kusala Sastra Khatulistiwa 2018 kategori prosa.

Faisal Oddang juga kerap diundang dalam festival-festival sastra, seperti: Ubud Writers and Readers Festival 2014, Salihara International Literary Biennalle 2015, dan Makassar International Writers Festival 2015, Festival Sastra Banggai 2018, Rainy Day Literary Festival 2018, Borobudur Writers and Cultural Festival 2018 dan Iowa Book Festival 2018.

Susunan Acara

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan mempersembahkan:

“Kelas Menulis Cerita ”

Opening Speech:
Dra. Hj. Nurliani, M.AP
(Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan)

Narasumber:
Faisal Oddang (Penulis)

Moderator:
Harie Insani Putra

Waktu pelaksanaan:
Hari : Senin, 03 Agustus 2020
Pkl : 10.00 WIB/11.00 WITA/12.00 WIT s.d. selesai.

Cara Pendaftaran

Registrasi Pendaftaran Peserta Talkshow silahkan isi pada link:
https://bit.ly/TalkshowFaisalOddang

Pastikan anda mendapat pesan konfirmasi dan notifikasi di E-mail yang telah didaftarkan. Terbuka untuk umum Live Zoom dengan Kuota 1000 partisipan , Sertifikat diberikan untuk peserta yang berpartisipasi Aktif hingga akhir acara.

Narahubung :
Sdri “Elsa Dawelna (0895-7011-98708)”

Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Zoom Meeting di Laptop maupun Smartphone.

www.banaranmedia.com