Begini Nih Cara Perpustakaan Palnam Tarik Minat Pengunjung

Perpustakaan Palnam Banjarmasin terus berbenah. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang ke perpustakaan.
Terlihat Sabtu (29/6) pagi. Sejumlah pekerja bangunan tengah mengecat dinding pagar beton yang mengelilingi perpustakaan yang terletak di Jalan Ahmad Yani KM 6 Banjarmasin Timur ini warna warni. Rencananya akan dilukis mural. Atap rumah Banjar juga akan dihiasi dengan lampu-lampu.
“Kita memang sengaja membuat tampilannya ngejreng biar menarik orang yang datang ke perpustakaan, karena orang pasti akan penasaran dan ingin tahu,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardi, Jumat (29/6) siang.
Selama ini, orang hanya tahu perpustakaan adalah sebagai tempat koleksi  buku dalam jumlah besar. Pengunjung yang datang pun hanya orang-orang tertentu.  Kebanyakan mereka hanya ingin mencari bahan-bahan untuk tugas-tugas sekolah atau kampus.
“Ide itu muncul karena saya mau mencoba menghapus citra bahwa perpustakaan pada umumnya adalah tempat yang kaku, kotor, berdebu, gelap, intinya tidak menarik,” tandasnya.
Wanita yang biasa di panggil Hj Nunung ini bukan mengubah penampilan perpustakaan agar menarik minat pengunjung, tapi juga menggandeng banyak pihak. Misalnya instansi pemerintahan, media, komunitas, budayawan, seniman, sastrawan, akademisi, sampai para orangtua.
“Kita menggandeng banyak pihak. Tujuan yang ingin kita capai adalah untuk meningkatkan minat baca di Kalsel. Sesuai visi gubernur ingin Kalsel cerdas,” ujarnya.
Sumber : Reportase Kalimantan