Begini Nih Cara Dispersip Sedot Minat Untuk Jadi Pustakawan

Untuk menarik minat masyarakat untuk menjadi pustakawan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel menggelar Sosialisasi Jabatan fungsional Pustakawan Kalsel, Kamis (12/11) di Banjarmasin. Sebanyak 50 orang pustakawan dari kabupaten maupun kota di Kalsel yang ikut. Kegiatan dibuka Kepala Dispersip Hj Nurliani Dardie.

Usai acara, Sekretaris Dispersip Provinsi Kalsel, M Ramadhan mengatakan sosialisasi ini selain meningkatkan kompetensi pustakawan, juga untuk menjaring tenaga baru, agar dapat menambah jumlah pustakawan di Kalsel. “Sosialisasi ini salah satu cara untuk merekrut pustakawan baru,” katanya.

Ramadhan menyebut, jumlah pustakawan di Kalsel saat ini sebanyak 111 orang. Ini masih kurang dan tidak berbanding lurus dengan banyaknya jumlah perpustakaan yang ada di Kalsel. Karena itu, diharapkan melalui sosialisasi ini, pemerintah kabupaten maupun kota dapat membuka formasi tenaga fungsional pustakawan. “Pemkab atau Pemko dapat mengajukan permohonan ke Badan Kepegawaian Daerah masing-masing untuk membuka lowongan formasi tersebut, atau bisa inpassing dari ASN,” jelasnya.

Sementara Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Adriati mengatakan, kebanyakan jabatan fungsional pustakawan adalah orang-orang baru, baik pengangkatan baru, inpassing dan. Tidak sedikit dari mereka yang belum tahu bagaimana penilaian kenaikan pangkat. Melalui sosialisasi ini, pemateri akan memberikan edukasi. “Bagaimana pengembangan karier pustakawan inilah yang kita sosialisasikan. Sebab untuk kenaikan pangkat dan jabatan mereka, nanti menggunakan angka kredit, nah itu lah yang kita jelaskan kepada mereka ini, bagaimana supaya karier mereka kedepan bisa lebih baik,” pungkasnya.

reportasekalimantan.com