Begini Cara Asyik Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel Hibur Anak-Anak

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel terus berbenah, sehingga fasilitas publik ini semakin menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Seperti halnya Rabu (27/7), puluhan anak-anak dari Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, didampingi orangtua dan gurunya, memanfaatkan ruang perpustakaan tersebut sebagai tempat edukasi.

Ada tiga sekolah yang berkunjung yakni PAUD Terpadu Desa Makmur Tambak Sirang Kecamatan Gambut Banjar, PAUD Mustika Angkasa Landasan Ulin dan SDN 3 Syamsudin Nor Landasan Ulin Banjarbaru.

Sebelum masing-masing anak memilih buku, mereka dihibur dengan mendengarkan cerita menarik oleh bunda Enik dari Rumah Dongeng Intan Kalimantan Selatan. Tampak anak-anak bersemangat mengikuti alur ceritanya.

Karena ruangan perpustakaan khusus anak-anak ini ditata sedemikian rupa, membuat anak-anak betah dengan suasananya.

Lantai dilapisi matras yang empuk, membuat nyaman lesehan ada juga sebagian yang duduk dibangku berwarna-warni.

Anak-anak juga bisa memilih buku kesukaannya, yang banyak dipajang di rak. Ada juga mainan balok kayu dan permainan seluncur dan ayunan untuk selingan berhibur diri.

Hj Nurliani Dardie, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel, mengatakan, mereka terus melakukan pembenahan untuk perpustakaan ini, sehingga semakin nyaman bagi pengunjung.

Khususnya di ruang perpustakaan anak-anak memang di desain sesuai usia. Di sini anak-anak bisa mengenal mencintai buku baik melalui membaca dan mendengar dongeng serta permainan lainnya seperti melipat kertas origami.

“Ternyata respon masyarakat terhadap perpustakaan sekarang ini luar biasa baik berkunjung ke kantor perpustakaan maupun kegiatan roadshow kami dibeberapa derah pinggiran,” ujar pejabat yang akrab dipanggil Bunda Nunung ini.

Kegiatan mendongeng memang ada agenda rutin dua kali seminggu, tetapi tergantung jadwalnya. Karena sangat banyak permintaan berdongeng di lembaga maupun sekolah.

“Jadwal dongeng sangat padat bahkan full hingga 2018,” ujarnya.

 

Sumber : Tribun Banjarmasin