Banua Pintar Wakili Kalsel ke Tingkat Nasional

Perpustakaan Desa Kapar, Kabupaten Tabalong, ‘Banua Pintar’, mewakili Kalsel ke lomba tingkat Nasional 2020. “Terpilihnya ‘Banua Pintar’ Desa Kapar, karena sebelumnya dari hasil penilaian Tim Juri Lomba Perpustakaan Desa se Provinsi Kalsel, 6 Juli lalu, meraih juara satu,” jelas Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, Rabu (22/7).  Saat ini perpustakaan desa tersebut, sambung Bunda Nunung, sapaan akrabnya, tengah bersiap. Karena akan dinilai tim juri dari Perpusnas RI.

Disinggung  kriteria penilaian, menurut Bunda Nunung, tim juri menilai berkas yang diterima, dilanjutkan dengan mensurvey langsung ke perpustakaan desa. “Survey itu menilai bagaimana pengelolaan perpustakaan, jumlah buku yang tersedia, serta apa saja judul buku yang ada. Termasuk juga bangunan perpustakaan dan sirkulasi bukunya,” imbuh Bunda Nunung.

Kadispersip Kalsel ini sangat berharap, perpustakaan desa yang mewakili Kalsel berlomba ke tingkat nasional, untuk lebih giat memperbaiki kekurangan. Sehingga saat visitasi Tim Juri Perpusnas RI, dapat direkomendasikan menjadi 6 besar di Kluster A.

Dalam lomba perpustakaan desa, 6 Juli lalu, Banua Pintar mengalahkan perpustakaan desa Batu Ampar Tanah Laut ‘Cahaya Hati’, ‘Salat Makmur’ Kabupaten Banjar, ‘Sumber Ilmu’ di Kelurahan Paringin Timur, Balangan, ‘Rindang Ilmu’ Desa Merpura, Kabupaten Kotabaru, dan ‘Al-Falah’ di Desa Labuan Amas, HST.

Sementara di tempat terpisah, Hj Arbayah, Kasi Pembinaan Perpustakaan dan ketua Tim Penilai Perpustakaan Desa, mengatakan, Juara Lomba Perpustakaan Desa, selain sertifikat dan tropi, juga uang pembinaan. Juara 1 Rp 3,5 juta, Juara 2 Rp 3 juta, Juara 3 Rp 2,5 juta. Sedang Juara Harapan 1 Rp 2 juta, Harapan 2 Rp 1,5 juta dan Harapan 3 Rp 1 juta.

banuapost.co.id