Bantu Gerakkan Perekonomian Masyarakat, Dispersip Kalsel Gelar Talkshow Virtual “SDG Tanaman Lokal”

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar Talkshow Virtual dengan mengangkat tema “Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal” pada Rabu (9/9). Kegiatan ini menghadirkan dua orang Nara Sumber yaitu Prof. Dr. Raihani Wahdah (Guru Besar Faperta ULM) dan Dr. Hilda Susanti (Ketua Perhimpunan Holtikultura Komda Kalsel) serta moderator Nove Arisandi (Praktisi Pertanian).

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kegiatan ini merupakan keterlibatan Perpuspalnam untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dalam hal pengelolaan tanaman holtikultura sebagai alternatif pemanfaatan lahan di era pandemi ini dan sebagai peran serta gerakan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Selain itu, menurut Bunda Nunung (sapaan akrabnya), acara ini sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Sumber Daya Genetika lokal untuk kesejahteraan. “Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat orang datang untuk membaca dan meminjam buku, tetapi sudah saatnya bertranspormasi agar memiliki nilai dan kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat melalui pendekatan inklusi serta perpustakaan harus mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Bunda Nunung menambahkan Talkshow Virtual “SDG Tanaman Lokal” ini merupakan kegiatan yang ke 13. Dimulai dengan Dr Gia Pratama, Najwa Shihab, Ria Enes dan Boneka Susan, Faisal Oddang, Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik), Tatarang Tangguk : Masa depan Paribasa Banjar, Kelola Tanaman dengan Cinta, Peluncuran dan diskusi buku Masjid-Masjid Bersejarah di Kalimantan Selatan, Tren Dekorasi Ruangan dengan Serat Alami, Sosialisasi Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019 serta Arsip Penanganan Covid-19 ,Teratai Bunga Rawa Sejuta Pesona dan Kemaren Bedah Buku Jalan Tengah : Renungan Budaya dan Politik di Era Ekstrem bersama Bapak Prof. Dr. Mujiburrahman, Rektor, Guru Besar Sosiologi Agama UIN Antasari Banjarmasin. “Tidak berhenti sampai disini, InsyaAllah kami rutin mengadakan kegiatan Talkshow Virtual antara lain yang sudah terjadwal dengan tema Pekarangan Rumah Sumber Gizi Keluarga 19 September, Pengembangan Kewirausahaan Penyandang Disabilitas, Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Anak Berkebutuhan Khusus Pasca Sekolah Melalui Ecoprint yang sedang di matangkan konsepnya dan masih banyak lagi,” pungkas Bunda Nunung.

abdipersadafm.co.id