Banjir di Kalsel, Terobos Genangan Kirim Bahan Pangan ke Beruntung Baru dan Bumi Makmur

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, beserta Pegawai dan Staf, terobos banjir untuk salurkan bantuan susulan ke Pos Induk Beruntung Baru, Kabupaten Banjar.

Bantuan susulan ini diberikan kembali dikarenakan dalam penyaluran sebelumnya masih banyak warga kekurangan untuk keperluan para pengungsi, utamanya beras dan air minum.  “Bantuan kembali disalurkan ke pos induk Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar,” kata Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (17/1/2021).

Warga yang terdampak banjir di Kecamatan Beruntung Baru ini ada sekitar 1.000 orang. Bantuan yang diberikan Dispersip Kalsel tersebut kemudian diterimakan Danramil XI Aluhaluh dan Beruntung Baru, Kapten Inf Edy Supriadi. “Terima kasih atas bantuannya. Ini sangat diperlukan untuk para korban banjir di Kecamatan Beruntug Baru,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, di kecamatan ini terdapat tiga posko dengan jumlah pengungsinya sekitar 1.700 orang.  Dalam kesempatan tersebut, tim Dispersip Kalsel  juga ke posko induk korban banjir di Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang pemukimannya terendam sejak 4 hari lalu dengan ketinggian 1  meter di permukaan jalan.

Untuk menuju lokasi tersebut, penyaluran bantuan cukup menegangkan. Sebab, jalan yang dilalui telah tergenang cukup dalam. Arus banjirnya pun deras, sehingga membuat dua mobil operasional yang membawa bantuan harus ekstra hati-hati. “Rasa ingin menangis melihat rumah warga dan jalan yang tenggelam,” ucap Hj Nurliani.

Untuk menuju ke lokasi, tim harus menggunakan perahu motor untuk bisa sampai ke kantor kecamatan membawa bantuan.

“Mudahan, bantuan dari Dispersip Kalsel dapat meringankan beban dan menambah semangat para korban banjir,” harapnya.

Sumber : banjarmasin.tribunnews.com