Bangun Gedung Layanan Khusus Penyandang Disabilitas

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus mendukung pengembangan sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas dan terampil dengan indikator utama terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalsel.

Salah satu upaya itu, adanya penambahan fasilitas layanan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca berbagai kalangan termasuk penyandang disabilitas dan lanjut usia.

“Di tahun 2021, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun gedung disabilitas. Alokasi anggarannya sebesar Rp 3.499.933.000,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar, Jum’at (28/5/2021).

Gedung disabilitas yang memiliki dua lantai tersebut dibangun di belakang kantor Dispersip Provinsi Kalsel di Jalan A Yani Km 6,4 Banjarmasin. Diharapkan pembangunan gedung ini akan selesai pada akhir tahun 2021 nanti.

“Dengan adanya gedung disabilitas ini, maka akan menambah layanan perpustakaan dari Dispersip Kalsel menjadi lebih lengkap dimana selama ini layanan untuk disabilitas sudah ada di tempat layanan umum perpustakaan Palnam,” jelas Wildan.

Rencananya gedung disabilitas itu dilengkapi fasilitas membaca untuk tuna netra dan tuna rungu serta infrastruktur pendukung kebutuhan penyandang disabilitas lainnya.

kanalkalimantan.com