Bang Dhin Apresiasi Upaya Dispersip Kalsel Latih Pengelolaan Arsip Pasca Bencana

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel M Syaripuddin mengapresiasi upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel dalam memberikan edukasi serta pengalaman tentang pengelolaan arsip pasca bencana.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka kegiatan Desiminasi Pengelolaan Arsip Dinamis yang diselenggarakan oleh Dispersip Provinsi Kalsel, Senin (5/4/2021) di Fave Hotel Banjarbaru.

“Apalagi kan di Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu telah mengalami musibah banjir besar. Hal ini tentu perlu dilakukan antisipasi supaya kedepannya pengelolaan arsip-arsip Pemerintahan kita lebih siap untuk menghadapi bencana serupa yang mungkin saja bisa kembali terjadi kedepannya,” tegas Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Baginya arsip daerah sendiri sangatlah penting sebagai sumber informasi dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan tugas pembangunan dengan baik. Karena itulah penyempurnaan kearsipan harus terus dilakukan secara optimal agar dapat berfungsi, berdaya guna, dan bertepat guna.

“Terobosan dan manuver yang dilakukan oleh Dispersip Provinsi Kalsel dalam rangka memberikan edukasi pengelolaan arsip daerah dengan menggandeng pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalsel sudah sangat memuaskan. Kami tentunya berharap hal ini bisa dilanjutkan bahkan dikembangkan lagi kedepannya,” tambah Bang Dhin sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Provinsi Kalsel Hj Nurliani, M.AP, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien bagi Kabupaten dan Kota yang ada di Banua.

“Peserta kegiatan ini sendiri adalah perwakilan SKPD dan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten dan Kota. Hadir pula Kepala Bidang, Kepala Seksi, Pejabat Fungsional dan staf di lingkungan Dispersip Kalsel,” imbuhnya.

Selain membuka kegiatan, Bang Dhin melanjutkan kunjungan ke Depo Arsip di Belakang Kantor Walikota Banjarbaru dan kemudian meninjau bangunan Depo Arsip Baru di Gedung Depo Arsip Pemprov Kalsel di Kompleks Perkantoran Setda Provinsi Kalsel di Banjarbaru.

Sumber:www.borneotrend.com