Bakal Bangun Perpustakaan, Dispersip Kalsel Akan Bantu Lapas Banjarbaru

Setelah menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pelaihari, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menyambangi Lapas Klas IIB Banjarbaru, Kamis (11/6/2020) siang.

Kadispersip Kalsel Nurliani Dardie bersama Kasi Layanan Perpustakaan Ermawati menyambangi Lapas Klas IIB Banjarbaru untuk berkoordinasi terkait pelayanan perpustakaan keliling di masa pandemi Covid-19.

Kedatangan mereka disambut dengan hangat Kasi Binadik (Bimbingan Narapidana/Anak-anak Didik dan kegiatan Kerja) Lapas Klas IIB Banjarbaru Hardiyanto AmdIP SH. “Kami berharap bukan hanya pusling yang berkunjung. Namun kami berencana akan membuat perpustakaan di Lapas dan kami meminta arahan dan bimbingan dari Dispersip Kalsel,” kata Hardiyanto.

Bak gayung bersambut, Kadispersip semringah atas rencana Lapas Klas IIB Banjarbaru untuk membangun perpustakaan. Nurlianie pun siap membantu sesuai tugas pokok dan fungsi dari Dispersip Kalsel. Dengan membina SDM pengelola perpustakaan dan sirkulasi buku di lapas dengan program Layanan Terpadu Perpustakaan Lapas (LTPL) sedangkan sarana dan prasarananya disediakan oleh Lapas.

Menurut Bunda Nunung sapaan akrabnya, Dispersip Kalsel akan membina pengelola Perpustakaan Lapas. Dengan cara petugas pengelola perpustakaan di Lapas magang di Perpustakaan Palnam selama beberapa hari, dan akan dibimbing cara pengolahan, klasifikasi, katalog, layanan, sirkulasi, informasi buku di internet hingga promosi perpustakaan. “Hal ini bermanfaat untuk diberikan ilmu pengelolaan perpustakaan pada saat magang kepada warga binaan tentang perpustakaan selain warga binaan membaca buku di perpustakaan Lapas,” kata mantan Kadispersip Kota Banjarbaru ini.

Hal ini sangat diapresiasi dan akan segera ditindaklanjuti Kasi Binadik Lapas Klas IIB Banjarbaru untuk membuka surat permohonan perihal tersebut.

jejakrekam.com