Badut dan Mendongeng Bikin Anak-anak Pengungsi Riang Gembira di SDL

Tak hanya berjibaku menerobos banjir antar suplai logistik bahan makanan kepada korban banjir, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Tim Perpustakaan Keliling (Pusling) membawa kebahagiaan kepada anak-anak korban banjir.

Menyasar anak-anak pengungsi yang berada di Stadion Demang Lehman (SDL) Martapura, Tim Pusling hadir dengan kegiatan menghibur anak-anak dengan kehadiran badut dan pendongeng.

Tim Pusling datang dipimpin Sekretaris Dispersip Kalsel Dr M Ramadhan langsung membuat anak-anak langsung sumringah dan ceria. Anak-anak pengungsi ketika melihat badut dengan berbagai karakter, tampak tertawa riang. Ditambah mendongeng dihadapan mereka membuat sekitar 50 anak-anak tertawa riang gembira, seakan lupa bahwa mereka berada di pengungsian.

“Di tengah suasana kedukaan, kita hadir dengan kegiatan ice breaking, berdongeng, badut, meminjamkan buku bacaan anak-anak, agar mereka dapat terhibur,” ujar Sekretaris Dispersip Provinsi Kalsel, Selasa (19/1/2021).

Ratusan warga yang sudah lebih dari sepekan di pengungsian ini juga diajak melakukan senam otak, agar dapat rileks dan sabar, hingga dapat lebih optimis dalam menghadapi musibah banjir.

Salah satu pengungi dari Desa Sungai Rangas mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya badut, buku dan doengeng, membuat anaknya menjadi ceria saat mendengarkan dongeng dan melihat badut.

“Sangat menghibur, terutama buat anak-anak kami yang merindukan keceriaan, kegembiraan, dan buku bacaan,” ungkap Zainuddin, warga Kecamatan Martapura Barat ini.

Acara tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah musibah banjir, Dispersip Kalsel ingin menghadirkan keceriaan serta mendekatkan buku, guna meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.

Sumber : kanalkalimantan.com