ANRI Siap Turunkan Tim Penyelamatan Arsip Pasca Banjir Kalsel

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) siap menurunkan tim berikan bimbingan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan atas penanganan arsip pasca banjir.

Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ditujukan ke Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI di Jakarta tanggal 19 Maret 2021. “Surat kami sampaikan kepada deputi dan mendapat respon positif dengan kesiapan menurunkan tim ANRI untuk memberikan bimbingan kepada para pejabat terkait dan arsiparis,” ujar Nurliani.

Ia mengatakan, penanganan arsip secara khusus harus dilakukan karena banjir yang melanda hampir seluruh wilayah di Kalsel merusak arsip maupun dokumen lainnya yang siapkan dinas dan instansi terkait.

Dispersip sudah menyosialisasikan kepada pegawai maupun Dispersip kabupaten kota sebagai lembaga kearsipan daerah bertanggung jawab dalam pengeloalaan arsip. “Jadwal kedatangan tim ANRI akan ditentukan setelah disepakati secara bersama-sama dan mereka akan memberikan bimbingan penyelamatan arsip, baik sebelum musibah, pasca, hingga pencegahan,” sebutnya.

Direktur Bidang Konservasi Arsip ANRI Dr Kandar MAP mengatakan, tim ANRI diturunkan sebagai bentuk apresiasi kepada Dispersip Kalsel karena sudah sangat perhatian terhadap kearsipan yang harus diselamatkan pasca banjir. “Kami sangat mengapresiasi kinerja Dispersip Kalsel dibawah pimpinan Ibu Nurliani, sungguh luar biasa. Kalsel juga satu-satunya daerah di Indonesia yang sangat perhatian terhadap upaya penyelamatan arsip,” katanya lewat pesan WA kepada Kadispersip Kalsel. Tim ANRI akan melakukan bimbingan efektif 3 hari dan waktunya dikoordinasikan dalam waktu dekat.

Sumber:kanalkalimantan.com